Pages

Kamis, 24 November 2011

Pengertian Internet, Intranet, dan Ekstranet


Pengertian Internet
Internet berasal dari Interconnected Network yaitu jaringan computer yang saling terhubung satu dengan yang  lain untuk keperluan komumikasi dan informasi
Internet dapat juga diartikan sebagai jaringan computer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan teks.
Pengertian Intranet   
Intranet adalah jaringan computer yang saling tersambung digunakan oleh suatu sistem organisasi dengan luas tertentu. Misalnya jaringan computer PT Telkom  seluruh Indonesia. Atau Intranet bisa dikatakan sebagai ‘Internet khusus’.
Intranet memliiki definisi yang lain yaitu jaringan computer dengan layanan seperti internet tetapi memliki status local. Intranet juga disebut sebagai LAN (Lokal Area Network).  Kalian juga perlu tahu manfaat adanya jariingan intranet diantaranya  akses menjadi lebih cepat, dapat melakukan tukar data, komumikasi menjadi lebih lancer, serta mendukung perwujudan penyelesaian pekerjaan tanpa kertas (paperless)
Pengertian Ekstranet  

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar