Pages

Kamis, 15 Desember 2011

Kecepatan Akses Internet


 Kecepatan Akses Internet
    Pengertian akses Internet adalah banyaknya lalu lintas data yang dikirimkan melalui jaringan Internet dalam jangka waktu tertentu.  Kecepatan akses Internet diukur dengan satuan  bit per second (bps). Bit atau binary digit adalah baris angka yang terdiri atas angka 0 dan 1. Satuan ini menggambarkan seberapa banyak big yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam setiap detiknya melalui satu media.
   
     Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet:

1. Faktor dari Dalam Komputer
a. Modem yang Digunakan
    Jika modem yang dipakai lambat maka aliran datanya juga lambat.  Modem dengan kecepatan 56.000 bps artinya modem tersebut maksimal mampu melakukan pengiriman data sebanyak 56.000 bit per detiknya. Modem dengan ukuran kecepatan 56 bps hanya mampu bekerja 48 bps. Bahkan ada yang hanya mampu bekerja separuh dari ukuran sebenarnnya.
b. Komputer yang Digunakan
  
Komputer yang memliki performa yang bagus akan memproses informasi secara cepat pula. Misalnya, komputer dengan kemampuan pentium 4 akan lebih cepat dari komputer dengan pentium 233mmx. Kecepatan ini dipengaruhi oleh kinerja prosesor dalam motherboard .
c. Kualitas Line Telepon.
  
Kualitas line telepon yang terpasang dengan baik akan menghasilkan internet yang cepat dan penjelajahan data internet yang cepat pula. Sebaliknya, kualitas line  yang kurang baik akan banyak merugikan kita saat mengakses internet. Hal ini disebabkan oleh pulsa-pulsa aliran informasi tidak dapat ditangkap dengan cepat oleh kabel telepon.

2. Faktor dari Luar Komputer
a. Jumlah Pengakses
     Makin banyak pengakses yang memakai internet makin lambat kita mengases internet tersebut. Hal ini disebabkan kita harus mengantri untuk membuka homepage-nya. Begitu pula jika kita membuka banyak banyak situs, maka internet akan semakin lambat.
b. Jumlah Pengakses Internet dari ISP yang Digunakan
  
Makin banyak pengakses internet pada saat yang bersamaan maka kecepatan akses akan melambat. ISP dapat diibaratkan jalan raya, dan pengakses sebagai mobilnya, semakin banyak mobil di jalan raya maka kecepatannya akan melambat
c. Kecepatan Akses Server ke Internet
  
Kecepeatan server yang kita gunakan sangat berpengaruh pada kecepatan kita saat mengakses internet. Hal ini disebabkan server mempunyai spesifikasi khusus dalam melakukan akses suatu data. Server adalah komputer penyedia layanan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar