Pages

Selasa, 13 Desember 2011

Model Jaringan


Model Jaringan
1.     Jaringan Client-Server
                Jaringan Client-Server merupakan jaringa komputer yang dalam proses penanganan datanya membagi diri menjadi dua tugas, yaitu komputer server dan komputer client.
               
Walaupun komputer yang digunakan antara komputer server dan komputer client sama dalam arsitekturnya, namun konfigurasi hardware dan software-nya sangat jauh berbeda. Untuk menjalin hubungan dengan komputer lain dalam satu jaringan, dapat dimulai dengan menghubungi server dengan tujuan meminta hak untuk pemakaian jaringan. Komponen server akan menerima permintaan dari client dan langsung memprosesnya untuk selanjutnya mengembalikan hasil pemprosesan tersebut kepasa client.
2.       Jaringan Ujung ke Ujung
               
Dalam jaringan ini, tidak ada pembagian tugas mana client dan mana server. Semua bisa menjadi client maupun server. Semua sumber (resources) pada setiap komputer, seperti hard disk, file, perangkat lunak aplikasi, printer, dan modem dapat dipakai bersama-sama. Jaringan ini biasanya digunakan  di rumah atau kantor yang kecil. Jaringan ini dapat dipakai 50-100 client, tentunya dengan sistem operasi yang tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar