Pages

Selasa, 13 Desember 2011

Perangkat Keras untuk Akses Internet


Perangkat Keras untuk Akses Internet
1. Modem (Modulator Demodulator)
   
Modem adalah perangkat keras yang digunakan sebagai penghubung antara hardware komputer dengan jaringn komputer. Fungsinya mengubah informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog agr dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog. Sebaliknya, saat data diterima dari Internet, modem berfungsi  memisahkan data dari sinyal analog menjadi sinyal digital. Ada 2 macam modem telepon, yaitu modem internal (berupa card) dan modem eksternal (dihubungkan port serial).

a. Modem Telepon
    Modem telepon biasanya digunakan untuk melakukan sambungan Internet secara   dial-up, yaitu sambungan Internet secara sementara. Pengguna melakukan koneksi Internet jika membutuhkan saja. Kelemahannya pengguna tidak bisa menggunakan panggilan telpon selama menggunkannya untuk koneksi internet. Kecepatan transfer datanya mencapai 56 kbps.

b. Modem Kabel
    Modem ini menerima data langsung darinpenyedia layanan lewat TV kabel. Kecepatan transfer datanya  mencapai 4 Mbps (megabit per second). Modem ini biasnya digunakan untuk koneksi internet secara terus menerus selama 24 jam dan biaya instalasinya cukup mahal. Cocok digunakan di perusahaan, sekolah atau usaha warnet.

c. Modem ASDL ( Asymetric Digital Subscribe Line)
    Modem ASDL memungkinkan berselancar internet dan menggunakan satu saluran telepon, dimana sistemnya bisa membedakan antara transmisi data dengan frekuensi tinggi dan transmisi suara pada transmisi rendah.

2. Jaringan Telepon
    Jaringan telepon atau Public Switched Telephone (PSTN) ataun line telepon merupakan jaringan telepon yang ada di kantor atu rumah. Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, data dan informasi dikirimkan ke tujuannya.
3. Komponen Hardware Lain

a.Hub
   
Hub merupakan alat penghubung antarkomputer. Fungsi hub adalah suatu alat penerima paket data dari suatu komputer di ujung salah satu topologi star dan menyalin isinya keseluruh alat atau komputer lain.

b.Kabel dan Konektor
    Merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lainnya atau peralatan lainnya yang digunakan untuk membentuk jaringan.C
ontoh kabel dan konektor:
  1. Kabel Twisted Pair
  2. Kabel Coaxial
  3. Serat Optik
c. Repeater
   
Fungsi utamnya untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari suatu segmen kabel LAN akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen lainnnya. Sejumlah alat penguat sinyal ini dipasang dalam jaringan dengan jarak tertentu supaya sinyal yang ditransmisikan tetap terjaga seperti ketika dikirimkan.

d. Bridge
    Digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan memungkinkan pertukaran paket data dari suatu LAN ke LAN yang lain. Bridge dapat memperluas jaringan LAN yang lebih besar. Selain itu, bridge mempunyai kemampuan untuk mengawasi lalu lintas data sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu lintas dan kesalahan jaringan.

e. Router
    Berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari suatu jaringan ke jaringan lain. Router mampu mencari jalur terbaik untuk mengirimkan pesan dari suatu komputer ke komputer lain dan dapat mengetahui keseluruhan jaringan dan melihat sisi mana yang paling sibuk sehingga dapat menarik data pada sisi yang sibuk tersebut agar bersih untuk dilalui data.

0 komentar:

Posting Komentar