Pages

Minggu, 04 Desember 2011

Layanan di Internet


Layanan di Internet
        Layanan di Internet sangat beragam. Masing-masing layanan memiliki kekhasan dan fungsi tersendiri. Berikut ini beberapa contoh layanan di Internet
1.       Electronic  Mail (E-mail)
                Electronic mail atau surat elektronik dapat juga disingkat menjadi E-mail merupakan layanan Internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu layanan di Internet yang digemari. Dengan adanya E-mail kita dapat mengirim surat berupa video, film, gambar, dokumen ataupun pesan singkat dengan biaya murah karena tidak termasuk bobot surat yang dikirim.
                e-mail merupakan alat pengirim surat yang cepat dalam hitungan detik, surat kita akan sampai pada alamat yang dituju.  E-mail dapat menyimpan pesan-pesan yang penting jikalau kita membutuhkannya lain waktu. Email juga termasuk aman digunakan karena memakai password yang hanya diketahui diri sendiri (kecuali ada orang lain yang mengetahuinya).

2.       Mailing List
                Mailing list adalah layanan internet yang digunakan untuk sarana diskusi atau bertukar informasi  dengan suatu kelompok (grup) melalui email.

3.       Internet Relay Chat (Chatting)
                Chatting merupakan layanan internet yang bisa digunakan untuk bercakap-cakap. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses internet untuk berkomunikasi secara tekstual atau berkomunikasi melalui tulisan yang diketik. Apabila computer ditambah dengan aplikasi WebCam, maka pengakses dapat berkomunikasi sambil melihat gambar lawan bicaranya

4.       File Transfer Protocol (FTP)
                Layanan ini digunakan untuk mengambil atau mengirim file dari computer orang lain maupun sebaliknya.Layanan FTP dikenal sebagai lalu lintas file yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun perorangan . FTP digunakan untuk mencari dan mengunduh arsip dari sebuah server di Internet uang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.

5.       Multimedia Service
                Layanan multimedia Internet atau yang dikenal World Wide Web (WWW) merupakan aplikasi Internet yang paling diminati pengakses. WWW disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, video, audio, dan animasi. AKhir-akhir ini layanan multimedia lebih serinng disebut web. Web dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan pengakses.

6.       Friendster
                Friendster merupakan situs web jaringan social yang merupakan forum komunikasi antar anggotanya. Fungsi utamanya adalah sebagai wahana mencari teman di seluruh dunia. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Friendster  telah tekenal di tingkat Internasional, selain menggunakan bahasa Inggris tersedia juga bahasa Indonesia, Tionghoa, Spanyol, Korea, Jepang, Vietnam dan Malaysia.
7.       Facebook
                Facebook adalah situs web jejaring social yang dioperasikandan dimiliki oleh perusahan Facebook Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Facebook memiliki fungsi yang mirip dengan Friendster hanya saja Facebook lebih dikenal dibanding Friendster.
8.       Blog
                Blog(singkatan dari web blog) merupakan catatan harian yang ditayangkan secara online. Catatan ini ditulis oleh seorang blogger atau penulisnya. Media blog pertama dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir 2002.
                Blog mempunyai fungsi yang beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalan sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Blog ada yang berinteraksi dengan pengunjungnya ada pula yang non-interaktif

0 komentar:

Posting Komentar