Pages

Kamis, 15 Desember 2011

Penyambungan ke Internet Melalui Internet Service Provider (ISP)


Penyambungan ke Internet Melalui Internet Service Provider (ISP)

                Untuk memulai akses Internet minimal kita membutuhkan peralatan, antara lain seperangkat komputer, modem online yang berupa modem internal ataupun modem eksternal, dan line telepon. Setelah semua perangkat tersedia, kita dapat mendaftarkan diri ke ISP untuk bisa mendapatkan software serta akses ke internet.
                Kali ini, kita akan melakukan koneksi ke Internet dengan layanan dial-up. Setting dilakukan pada Windows XP. Untuk sistem oprasi lain, caranya hampir sama (dengan perbedaan yang cukup mudah dimengerti karena prinsip langkah-langkah setting-nya sama).
                Sebagai contoh, kita akan melakukan koneksi ke ISP Telkomnet Instan. Telkomnet Instan merupakan salah satu ISP yang tidak perlu mengurus pendaftaran karena fasilitas akses Internet diberikan kepada setiap pelanggan PT Telkom. Berikut ini langkah-langkah membuat koneksi dengan Telkomnet:
a.    Klik Start -> Setting -> Network Conection sehingga muncul tampilan kotak dialog Network Connection.
b.   Kemudian, pilih menu Create a new connection pada bagian kiri atas sehingga muncul tampilan kotak dialog New Connection Wizard.
c.   Klik Next sehingga muncul tampilan kotak dialog New Connection Wizard untuk menentukan jenis koneksi.
d.   Klik pilihan Connect to the Internet , lalu klik Next sehingga muncul pilihan cara koneksi ke Internet.
e.    Klik pilihan  Set up my connection manually, lalu tekan Next.
f.     Klik pilihan Connect using a dial-up modem, lalu Next  sehingga muncul tampilan penantuan nama ISP.
g.    Tuliskan nama ISP yang akan dihubungi, misalnya Telkomselnet. Kemudian, tekan Next sehinnga muncul tampilan penulisan nomor telepon ISP.
h.    Isikan nomor telepon ISP. Telkomselnet yaitu, 080989999. Sekanjutnya tekan Next sehingga muncul tampilan informasi tentang akun internet.
i.      Pada kotak User name, ketikkan telkomselnet@instan dan password-nya telkom. Ulangi pengetikan password pada kotak Confirm password. Selanjutnya klik Next  sehingga muncul tampilan koneksi ke ISP selesai.
j.      Klik Finish  maka proses pembangunan koneksi ke ISP selesai.
Untuk mengakses Internet, klik Start-> Connect to -> Telkom  atau melalui shortcut yang telah dibuat sebelumnya di dekstop. Setelah muncul kotak dialog Dial-up Connection, klik Connect (Dial)  dan tunggulah beberapa saat. Jika koneksi dengan telkomnet@instan sudah tersambung maka akan tampak gambar dua komputer kecil pada sudut kanan bawah monitor.
Dengan demikian komputer sudah terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia atau global, namun menggunakan perhitunga pulsa lokal. Di sinilah letak kemudahan dan keuntungan dari Internet.
Untuk memutuskan hubungan dengan Telkomselnet jika kita sudah tidak memerlukan koneksi Internet, klik kanan mouse pada gambar dua komputer kecil pada sudut kanan bawah monitor, lalu pilih Disconnect (Disable) maka koneksi akan terputus.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih ilmunya. . .

Unknown mengatakan...

tai jalat

Unknown mengatakan...

tai jalat

Posting Komentar